Powered by Blogger.

Apakah kita perlu memiliki blog?

Posted by Almusto Shidqi on Wednesday, May 1, 2019 0


Ngeblog atau blogging bukanlah istilah baru dalam dunia internet. Ngeblog berarti aktifitas mengelola blog, sharing uneg-uneg kita ke khalayak ramai di dunia maya dengan situs gratisan seperti blogger, wordpress dan lainnya. Ada mungkin ratusan ribu atau bahkan jutaan blog-blog yang tersebar di jagat maya baik yang gratisan maupun yang berbayar dengan memiliki domain sendiri yang lebih profesional.

Belajar ngeblog tidaklah sulit. Sekarang kita bisa belajar secara autodidak dengan cara googling, Google akan mengarahkan kita ke situs-situs atau blog yang memiliki relevansi dengan kata kunci yang kita ketikkan di Search Engine Google. Di sana kita akan dapat membaca apa saja seputar blogging. Mulai dari cara mendaftar/membuat blog sampai menghias blog, posting, SEO hingga monetisasi blog.

Blogging, SEO, Trik, tips, Opini
Contoh blog penulis yang lain.
Source: http://bahasainggrissmp-mts.blogspot.com/ 

Blogging merupakan media untuk menyalurkan hobi dan interest kita pada bidang tertentu. Sebut saja, Saya interest dalam pendidikan Bahasa Inggris untuk SMP/MTs maka saya menciptakan blog khusus pembelajaran Bahasa Inggris di lingkup SMP/MTs. Apa saja saya share dan posting di situ. Blog khusus yang membahas hanya satu bidang saja.

Ngeblog menjadi sarana menyalurkan hobi juga berpotensi memberikan income atau penghasilan. Kok bisa? Jawabanya Sangat bisa sekali. Termasuk saya sendiri, dengan blog saya Bahasa Inggris SMP/MTs saya sampai sekarang bisa berpenghasilan dengan bergabung menjadi publisher Google Adsense. Untuk diterima Google Adsense maka kita harus mempelajari Kebijakan dan peraturan Google. Semua blog berpotensi diterima oleh adsense asalkan memenuhi kriteria dan layak untuk mengiklankan produk dari Advertiser melalui Google Adsense. Yang jelas blog kita memiliki trafik pengunjung yang banyak, blog kita memiliki pengaturan yang memudahkan para visitor untuk membaca apa yang kita tulis, navigasi yang mudah bagi pengunjung.

 Perlu diingat juga konten bukanlah hasil copas atau copy paste, karena Google sangat membenci artikel atau tulisan hasil copas. Usahakan postingan menarik, unik banyak dicari orang. Yang terakhir kita perlu mempelajari SEO(Search Engine Optimization), SEO ini sangat penting sekali supaya blog kita terindeks di mesin pencari Google di urutan teratas. Jika postingan kita berada di ranking awal halaman pencarian Google maka blog atau situs kita berpotensi dan berpeluang untuk dikunjungi oleh banyak visitor di jagad maya. Trafik pengunjung yang melimpah akan memudahkan kita dalam bergabung dengan Google Adsense. Ya sambil menyelam minum air, sekali mendayung 2, 3 pulau terlampaui, sambil menyalurkan hobi kita kita mendapatkan penghasilan, pengetahuan dan relasi di jagad maya, tulisan kita juga dapat memberikan pencerahan dan ilmu bagi orang lain yang membacanya, yang pada gilirannya kita juga mendapatkan pahala. Gimana dengan anda? Yuk kita mulai ngeblog untuk meraih kesuksesan!!!

Tagged as:
About the Author

My name is Mustofa. My nickname on FB is Young Almusto. I am the writer of this site.

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 comments:

© 2013 PUTRA SIBERUK. WP Theme-junkie converted by BloggerTheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top